Wednesday, June 8, 2011

Penulisan Tanggal Dengan Format Indonesia

Kali ini Belanja Pagi akan menjelaskan tetang cara atau contoh script php untuk penulisan tanggal dengan format indonesia.

Dalam tutorial sebelumnya, saya sudah menjelaskan bahwa User Contributed Notes dapat menjadi salah satu referensi yang sangat baik untuk mengembangkan pengetahuan kita tentang pemanfaatan fungsi PHP.

Mari kita lihat contoh penggunaan User Contributed Notes di php.net untuk melihat contoh nyata implementasi fungsi tertentu sehingga kita dapat lebih memahami tentang cara pembuatan format penanggalan menggunakan php.

Kita bisa melihat cara  nyata penggunaan dari fungsi php tertentu dan bahkan melakukan copy paste dari fungsi yang ada di catatan ini untuk kita gunakan langsung di script php yang sedang kita buat atau pakai.

Misalnya kita ingin menggunakan atau menambahkan fungsi date untuk menampilkan tanggal dalam format Indonesia ke website atau program kita. Dimana fungsi tanggal sangat lah di butuhkan untuk sebuah website atau program. Berikut merupakan contoh script php untuk menampilkan penanggalan atau tanggal dengan format indonesia.
Berikut scriptnya:

<?php
   
function DateIndo($str) {
        if (
$str =="") {
       
// null
       
return false;
        }
        else {
       
setlocale (LC_TIME, 'id_ID');
       
$date = strftime( "%d-%m-%Y %H:%I:%S", strtotime($str));
        return
$date;
        }
    }
//script php ini dapat berkerja

   
$date = date('Y-m-d H:i:s');
    echo
DateIndo($date);?> 

Dari script di atas kita dapat menampilkan tanggal dengan format indonesia hanya dengan mengcopy paste script tersebut, atau jika anda ingin memahami script tersebut anda bisa melihat banyak contoh script php lainya di sini.


Oh ya, jangan lupa di bagi-bagikan ke temenya ya..
siapa tahu temen anda ngebutuhin script php untuk format penaggalan indonesia.

Terima Kasih.

0 comments:

Post a Comment