Thursday, June 9, 2011

Nilai Kembalian (Return Value).

   Sebelum kamu mempelajari tentang Nilai Kembalian (Return Value), sebaiknya kamu baca dulu tentang Pendeklarasian Function dan Pemanggilan Function.

   Nilai kembalian (return value) adalah suatu nilai yang diberikan/dikembalikan ketika suatu function telah selesai dieksekusi. Ada dua jenis function berdasarkan nilai kembalian yaitu :
  1. Function tanpa nilai kembalian (Function with not return value).
  2. Function dengan nilai kembalian (Function with return value).
   Function tanpa nilai kembalian sering pula disebut sebagai procedure. Penggunaan function tanpa nilai kembalian dapat dilihat pada contoh func1.php dan func2.php yaitu pada function info_tanggal() dan tulis_identitas(). Jika dilihat pada isi function, tidak terdapat perintah return. Jadi function tanpa nilai kembalian hanya mengerjakan perintah dari awal function ( { ) sampai akhir function ( } ).

   Sedangkan untuk function dengan nilai kembalian, dapat dilihat pada file yang sama yaitu pada function ip_client() dan function pangkat(). Perbedaan besar dapat dilihat pada adanya perintah return (lihat di akhir function). Perintah return digunakan untuk mengirimkan nilai ke baris dimana function tersebut dipanggil.

Sebagai contoh:
1
2
3
4
5
6
7
8

9
10
11

<html>
<head><title>Test Fungsi</title></head>
<body>
<?php
       function pangkat($x, $n)
      {
            return pow($x,$n);
       }
?>
5<sup>3</sup> = <?php echo pangkat(5, 3);?>
</body>
</html>

 
Keterangan :
  1. Garis yang solid (tidak terputus) menandakan pemanggilan function. Ketika function dipanggil dengan cara pangkat(5,3), maka alur eksekusi akan pindah ke baris di mana ada function pangkat dengan mengirimkan angka 5 sebagai parameter $x dan angkat 3 sebagai parameter $n.
  2. Kemudian isi function dieksekusi. Karena hanya ada 1 perintah, maka perintah yang dieksekusi adalah perintah pow(5,3) yang akan menghasilkan perhitungan 5 pangkat 3 yaitu 125. Hasil dari pow(5,3) yaitu 125 kemudian diberikan ke perintah return. Jadi bisa dianggap bahwa pemanggilan return pow(5,3) akan menghasilkan perintah return 125.
  3. Perhatikan garis yang putus-putus.Ketika perintah return dieksekusi maka nilai yang ada disebelah return yaitu 125 akan dikirim ke yang memanggilnya (baris 9).
  4. Setelah function dipanggil maka perintah “echo pangkat(5,3)” akan menghasilkan perintah “echo 125”, sehingga akan menampilkan angka 125 di browser.

Hasil return dapat juga diisikan ke suatu variable terlebih dahulu, baru kemudian ditampilkan.


Demikian penjelasan tentang Nilai Kembalian (Return Value). Selanjutnya kita akan belajar tentang Variable Funtion, semoga bermanfaat ya.. 
Oh ya, jangan lupa di sharing ke temenya ya.




1 comments:

Post a Comment