Tuesday, November 22, 2011

Penyebab Putusnya Ikatan Pertemanan


Teman adalah orang yang mengenal kita luar dan dalam serta menerima kelebihan serta kekurangan kita, teman juga dapat di artikan sebagai orang yang membuat kita menjadi lebih baik dan baik lagi. Dan arti teman berdasarkan referensi yang saya dapatkan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung satu sama lain antara dua atau lebih entitas social yang berbeda. Dimana teman menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan dan afeksi.

Teman akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetian satu sama lain, sering kali hingga pada suatu pengorbanan. Teman sejati adalah teman yang rela berkorban jika kita sedang mengalami kesulitan. Selera atau hobi mereka juga biasanya serupa dengan kita sehingga kuantitas pertemuan kita dan teman kita menjadi lebih banyak.

Nilai yang terdapat pada ikatan pertemanan adalah.
  1. Kecendrungan untuk menginginkan apa yg terbaik bagi satu sama lain
  2. Simpati dan Empati ketika satu sama lain sedang mengalami kesulitan.
  3.  Kejujuran, mampu mengungkapkan apa yang sulit kita katakan atau sesuatu hal yang sangat pribadi kepada teman kita.
  4. Saling pengertian satu sama lain.
Namun bagaimana jika ikatan pertemanan itu semakin lama semaking merenggang bahkan putus?

“Tentu kita sangat tidak menginginkannya dimana sangatlah sulit mendapatkan teman yang baik seperti di atas.”


Adapun  alasan kenapa ikatan pertemanan bisa merenggang bahkan putus yaitu Terkadang kita suka sama-sama berfikir kalau teman kita sedang sibuk sehingga kita tidak jadi menghubungi dia karena kita takut mengganggunya. Dan lama-kelamaan akan berdampak kita menjadi cuek dan pada akhirnya akan muncul pemikiran “ Kenapa kok aku yang mengubungi dia duluan? “ nah, kalau sudah begini kejadiannya, maka cinta kasih dalam pertemanan sudah berkurang, alhasil tidak ada lagi hubungan dan satu sama lain individu menjadi saling melupakan.

Ingatlah, Komunikasi sangatlah penting dalam hubungan dengan teman, pasangan, keluarga bahkan TUHAN. Biar kita menjadi dekat satu sama lain. Jadi mulai sekarang buanglah pemikiran-pemikiran seperti itu, karena akan membuat teman kita menghilang. Luangkan waktu kita untuk berkomunikasi dengan teman walaupun hanya sebentar.

"Salam Pertemanan Dari Belanja Pagi "

5 comments:

alhamdulillah, hari ini terpilih lagi artikel ini di viva blog.

semoga besok bisa membuat artikel lain yang bermanfaat.

amin.

Mantap,, lanjutkan sob,, gua bantu doa'in,, aminnnnnn,, :)

ia bener bangt kadang takut klo sahabat atau temen kita lagi sibuk, takut mengganggu..
saya pernah mengalami hubungan saya sama teman saya renggang selama 1 thn tapi alhamdulilah sekarang dah normal kembali ^_^

Post a Comment