Friday, November 25, 2011

Komputer, Engkau Temanku Sekaligus Musuhku

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk “ orang yang menghitung “ kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai “alat hitung mekanis”.  Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang perkerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.


Dalam dunia modern saat ini, hampir semua orang menggunakan komputer sebagai alat bantu mereka. “Tidak ada orang yang bisa hidup tanpa komputer”, itulah kata yang paling tepat pada jaman sekarang ini, karena dengan komputer kita bisa mendapatkan segalanya, mulai dari perkerjaan, hiburan, uang, ilmu pengetahuan, dan lain-lain. Tidak hanya itu, komputer juga dapat membuat kita lebih dekat kepada keluarga dan teman yang jaraknya jauh tanpa harus melakukan komunikasi secara face to face.

Namun tahukah anda, bahwa komputer juga dapat menyebabkan penyakit bagi penggunanya apabila kita terlalu sering berada di depan komputer serta kita tidak tahu cara mengatasinya. Adapaun penyakit yang disebabkan oleh computer antara lain : 

1.       Stress
Keseringan berada di depat computer dapat menimbulkan stress pada diri kita. Stres yang ditimbulkan computer tidak jauh berbeda dengan tipe stress yang ada di dalam kehidupan. Seperti yang telah diteliti oleh The National Institut of Occupational Safety Health (NIOSH), yang menemukan bahwa operator komputer mengalami tingkat stress lebih tinggi dibandingkan dengan perkerjaan lain.

2.       Gangguan Kejiwaan
Dengan seringnya kita berada di depan komputer maka akan menimbulkan anti social dan kurangnya gerak, dan ketergantungan terhadap computer. Sehingga membuat kita akan kurang bergaul dan membuat tubuh kita lemas serta kita akan merasa sangat sulit jika berada jauh sebentar saja dari komputer.
  
3.       Gangguan Pada Mata dan Penglihatan
Penggunaan komputer dalam jangka waktu panjang dapat menimbulkan gangguan ketajaman penglihatan, sakit kepala dan gangguan pada mata itu sendiri. Seperti yang telah di ungkapkan oleh The American Optometric Association yang biasa juga disebut Computer Vision Syndrome (CVS). Dimana ada kemungkinan bahwa gejala tersebut akan menjadi permanent dan lambat laun akan merusak mata.
Namun, gejala-gejala tersebut akan segera berkurang jika kita dapat mengatur penggunaan computer. Tetapi tetap saja kita harus mengetahui gejala-gejala awal dari Computer Vision Syndrome (CVS) yang muncul selama menggunakan computer.

             Berikut merupakan gejala-gejala CVS :

a.       Myopia sementara.
Dimana tidak mampunya kita melihat objek yang jauh dengan jelas untuk beberapa saat sampai beberapa jam setelah menggunakan computer.

b.      Mata Lelah
Keadaan mata yang lelah ini dapat disebabkan oleh bahaya yang disebabkan oleh monitor antara lain, koreksi penglihatan yang berkurang, membaca dokumen dengan ukuran huruf yang kecil, keadaan kontras yang tidak seimbang antara teks dan latar belakang dan mata yang kering.

c.       Penglihatan Kabur
Penglihatan yang kabur dapat disebabkan oleh perubahan fisilogis (akibat proses penuaan atau penyakit). Hal ini juga dapat diakibatkan karena melihat benda terus-menerus dengan jarak 12 inchi dan membaca dengan cahaya yang kurang.

d.      Mata kering, Iritasi dan Berair
Keadaan ini terjadi jika kekurangan cairan untuk menjaga kelembaban mata terjaga dengan keadaan refleks kedipan mata. Jumlah kedipan mata bervariasi sesuai dengan aktivitas yang sedang dilakukan dan akan berkurang saat sedang berkonsentrasi. Mata menjadi merah dan berair karena disebabkan saat menggunakan computer akan mengurangi jumlah kedipan.

e.      Peningkatan sensitivitas terhadap cahaya.
f.        Sakit kepala, sakit punggung, sakit leher dan spasme otot.

Adapun hal-hal yang dapat menyebabkan munculnya CVS adalah :

a.       Posisi tubuh yang buruk saat berhadapan dengan computer
b.      Penerangan yang menghasilkan silau atau bayangan, gambar yang kabur atau gambar yang terlalu gelap atau terlalu terang.
c.       Jumlah kedipan yang tidak cukup untuk membasahi permukaan bola mata
d.      Penggunaan lensa koreksi yang tidak sesuai dengan posisi dan jarak pengguna dari monitor
e.      Kelainan minor pada penglihatan yang diperberat oleh penggunaan computer.

Berikut tips dalam berhadapan dengan komputer :
 
1.       Pastikan tempat kerja anda dirancang secara ergonomis
2.       Kurangi waktu penggunaan computer (termasuk untuk bermain game dan kembali membuka buku referensi dari pada searching di mbah google)
3.       Gunakan variasi perangkat input
Misalnya, mengganti mouse yang lebih ergonomis atau memindahkan ke tangan sebelah lain, bahkan kurangi penggunaan mouse
4.       Ambil beberapa waktu istirahat sejenak
5.       Bangkit dari kursi anda, karena tubuh kita tidak dirancang untuk duduk sepanjang hari.
6.       Jangan mengetik lebih dari 30 menit tanpa istirahat
7.       Sering melakukan perenggangan otot, karena perenggangan membantu mengurangi ketegangan pada otot-otot. Namun jangan melakukan perenggangan yang extrim.
8.       Kurangi kecepatan melakukan double click
9.       Jaga kehangatan sushu
10.   Otot dan urat yang berada dalam kondisi dinging lebih beresiko terkena penyakit.

Jadi walaupun keseharian kita sangat membutuhkan computer,  kita juga harus memperhatikan kondisi kesehatan kita, jangan sampai demi mengejar target di depan computer lantas kita mengorbankan kesehatan yang tidak ternilai harganya. Perlu di ingat bahwa bukan hanya sampai disitu dampak buruk yang ditimbulkan oleh computer, masih banyak akibat-akibat buruk lainnya yang dapat membuat kita sakit karena keseringan di depan komputer.


Sumber : Wikipedia & Unikom

1 comments:

Yupz thank'z infox sob. .. v Computer dah jadi sohib broe, susah bwt gw jauh dari computer. .. hehE
^_^

Post a Comment